Sunday, January 23, 2011

SELEKSI REDAKTUR MAJALAH BISIS





Ekstra kurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMK Negeri 1 batang telah mengadakan penyeleksian untuk para siswa yang akan dipilih menjadi redaktur majalah Bisis, seleksi diadakan pada hari sabtu tanggal 7 Agustus 2010.
Siswa yang akan mengikuti seleksi sebelumnya telah mengumpulkan hasil karya ilmiahnya seperti puisi, cerpen, artikel, dan masih banyak lagi. Para siswa yang mengikuti seleksi berkumpul di perpustakaan setelah para siswa pulang sekolah. (bertepatan dengan akan diselenggarakannya rapat pleno wali murid)
Siswa yang berminat mengikuti seleksi redaktur majalah Bisis ternyata lumayan banyak, tetapi karena anggota Dewan Penilai dari semarang terlambat datang beberapa siswa telah pulang terlebih dahulu dengan berbagai alas an pribadi sehingga hanya 27 anak yang mau mengikuti seleksi ini. Itupun ada yang sebagian siswa dipaksa oleh kakak kelas agar sabar menanti.
Seleksi redaktur majalah Bisis baru dimulai pukul 10.00 di ruang kelas. Setelah melakukan presensi, dewan penilai yang terdiri atas 5 orang tiba pukul 10.15.
Acara dimuali dengan sambutan dari Pembina Bisis dilanjutkan pembagian roti dan minuman. Suasana yang mulai panas tidaklah mengurangi semangat anggota dewan penilai yang baru saja tiba dari Semarang. Masing-masing penilai memperkenalkan diri. Dalam seleksi ada 2 tes yang harus dilakukan. Tes pertama yaitu membuat karangan spontanitas dan tes yang kedua ialah tes wawancara. Tes pertama dinilai oleh dua orang dan tes kedua dinilai oleh tiga orang.
Tes yang pertama membuat cerita singkat tentang kejadian yang dialami diri sendiri dari mulai bangun tidur pagi sampai pulang sekolah. Batas waktu tes ini yang tadinya hanya 10 menit diberi tenggang waktu sampai 15 menit karena tidak ada satu pun anak yang telah selesai mengerjakan tes ini.
Untungnya media tes berupa selembar kertas folio telah disediakan oleh kakak kelas. Kalau tidak disediakan mungkin para siswa mengerjakannya ditembok karena kebanyakan tidak membawa buku.
Selesai mengerjakan tes para siswa istirahat sejenak sambil makan roti sementara anggota dewan penilai membaca-baca sekaligus menilai hasil karya siswa.
Tes yang kedua merupakan tes langsung, komunikasi tatap muka juga sebgai penentu pantas tidaknya siswa menjadi redaktur majalah Bisis. Pelaksanaan tes dijalankan secara bergilir. Wawancara satu persatu dengan tiga orang penilai. Kalau kata anak-anak lebih mudah tes yang kedua karena wawancaranya itu paling hanya menanyakan kegiatan yang disukai, siap atau tidak dijadikan redaktur Bisis, biasanya mengarang apa dan pertanyaan yang paling favorit adalah buku atau bacaan apa yang sangat disukai.
Pada pertanyaan ini banyak siswa yang menjawab penuh semangat sekalian memamerkan bacaan kesukaan anak masa kini yang mayoritas novel remaja dan majalah fashion.
Pukul 12.00 tes wawancara selesai dan Kak Kundarno membagikan majalah Bisis terbitan bulan lalu pada para siswa. Bapak Pembina yang sejak tadi tidak kelihatan karena mengurus keperluan lain akhirnya kembali ke ruangan. Beliau menyampaikan sedikit kata penutupan dan para siswa sudah boleh kembali ke rumah masing-masing dan tinggal menanti hasil seleksi
Hasil seleksi redaktur Bisis diumumkan tanggal 9 Agustus 2010, hari senin. Yang dipilih menjadi redaktur hanya siswa yang memperoleh peringkat pertama sampai peringkat empat. Walaupun siswa lain tidak terpilih masih dapat mengirimkan hasil karyanya untuk diliput di majalah Bisis.




Nita Panata R X PB .

No comments: