Sunday, January 23, 2011


Marhaban ya ramadhan
Bulan ramadhan tiba. Bulan ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam. Seperti kita ketahui, tujuan manusia diciptakan adalah untuk beribadah. Ibadah yang diwajibkan salah satunya adalah puasa di bulan ramadhan. Tidak hanya berpuasa di bulan ramadhan tetapi juga melakukan ibadah yang lainnya yaitu tadarus Al Quran, zakat dll.
Memasuki bulan ramadhan yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2010 sekolah sudah mulai diliburkan. Libur ramadhan dimulai dari tanggal 10-11 Agustus, tepatnya hari selasa sampai dengan Kamis.
Dalam suasana ramadhan kali ini terasa berbeda bagi siswa SMK Negeri 1 Batang karena dalam melakukan proses belajar mengajar dengan sistem moving class.
Awalnya sistem moving class ini membuat suasana belajar mengajar kurang efektif karena siswa elum terbiasa dengan kondisi yang menurut mereka rumit. Siswa yang masih bingung tidak jarang membuat mereka untuk meninggalkan kelas atau tidak mengikuti pelajaran sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
Namun setelah moving class berjalan kurang lebih dua bulan masalah tersebut tidak lagi menjadi masalah yang rumit. Dengan sendirinya mereka hafal dengan jadwal dan ruangan yang telah ditentukan.
Para siswa tetap semangat meskipun melakukan KBM dalam keadaan puasa semangat mereka tetap seperti mengikuti pelajaran di hari-hari biasa.

Sitta May Choirini XI PB

Tepatnya hari Jumat 13 Agustus 2010 seluruh siswa SMK Negeri 1 batang berbondong-bondong masuk sekolah setelah diliburkan tanggal 10,11, dan 12 Agustus 2010. dengan alas an untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan yaitu hari yang sangat dinanti-nantikan umat Islam.
Pada awal masuk sekolah para siswa terlihat lemah dan mereka pun terlihat sepi, sepi mengapa?
Sepi tidak ada yang membicarakan masalah kantin atau green mark. Biasanya kalau bukan bulan ramadhan mereka sudah sibuk mengajak teman yang lain untuk ke kantin. Tapi kalau diperhatikan malah banyak sebagian siswa yang rajin masuk musholla untuk beribadah seperti mengerjakan solat sunnah solat dhuha dan yang lainnya. Alhamdulillah tapi diharapkan jangan hanya pada bulan ramadhan saja melainkan juga pada bulan-bulan lainnya mereka tetap bersemangat mengerjakan.
Lanjutkan !

Sugiarti XI PB

Marhaban ya ramadhan.
Iya … kata itulah yang kini sedang dijalani umat muslim se dunia.
Setelah libur untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan yang jatuh kemarin pada tanggal 11 agustus 2010. Kini aktivias pun kembali berjalan seperti biasa tak terkecuali para siswa, guru serta karyawan SMK N 1 Batang.
Hari Jumat 14 agustus 2010 bertepatan dengan hari pramuka. Namun berhubung bulan ini bulan ramadhan jadi tidak diadakan upacara memperingati hari Pramuka SMK N 1 Batang. Sehubungan dengan hal tersebut para siswa mulai KBM seperti baiasa tetapi kebanyakan dari mereka dalam mengikuti KBM banyak yang lemah dan mengantuk. Mungkin hal ini karena efek berpuasa tetapi hal itu janganlah dijadikan suatu alas an untuk tidak melakukan suatu kegiatan.
Di SMK Negeri 1 Batang pada bulan ramadhan ini tiap paginya berbeda dengan pagi-pagi biasanya. Yaitu karena pagi pada bulan ramadhan para siswa diwajibkan berangkat lebih awal karena telah dilaksanakan tadarus Al Quran pada kelas masing-masing. Pada tadarus kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pada tahun ini tadarus dilaksanakan dari pukul 06.40 – 07.10 pada jam pagi itu banyak siswa yang terlambat.
Jam pelajaran yang biasanya 45 menit per mapel pun kini sehubungan dengan bulan ramadhan berubah menjadi 35 menit per mapelnya. Dan dimulainya pelajaran pun kini menjadi 07.30. jadi jam pulangnya pun menjadi lebih awal dari biasanya.. yang biasanya pada hari Jumat pulang pukul 11.00 pada hari Jumat ini pulangnya kurang lebih menjadi pukul 10.35.
Dan sepertinya di gerbang masuk SMK Negeri 1 Batang tidak terlihat petugas STP2K, mungkin libur kai ya ?
Kabar gembira mungkin ya untuk siswa yang biasa melanggar peraturan
Ya walaupun jam pelajaran sudah dikurangi, jam pulang sekolah masih tetap lebih siang dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain. Hal ini disebabkan adanya moving class.

Tantri MalindaXI PB

No comments: